Selasa, 26 Maret 2013

KABUPATEN OGAN ILIR ( OI )

Kabupaten Ogan Ilir

Kabupaten Ogan Ilir
Lambang Kabupaten Ogan Ilir.gif
Lambang Kabupaten Ogan Ilir
Motto: Caram Seguguk
Lokasi Sumatera Selatan Kabupaten Ogan Ilir.svg
Peta lokasi Kabupaten Ogan Ilir
Koordinat: S 03° 13.874', E 104° 39.986'
Provinsi Sumatera Selatan
Dasar hukum UU No.37 Tahun 2003
Tanggal 18 Desember 2003
Ibu kota Indralaya
Pemerintahan
 - Bupati. Ir. H. Mawardi Yahya.
 - Wakil Bupati Drs. H. M. Daud Hasyim
 - DAU Rp. 520.287.726.000.-(2013)[1]
Luas 2.666,09 km2
Populasi
 - Total 456.016 jiwa (2011)
 - Kepadatan 171,04 jiwa/km2
Demografi
 - Kode area telepon 0711
Pembagian administratif
 - Kecamatan 16
 - Kelurahan 98
 - Situs web http://www.oganilirkab.go.id
Kabupaten Ogan Ilir adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan. Ogan Ilir berada di jalur lintas timur Sumatera dan pusat pemerintahannya terletak sekitar 35 km dari Kota Palembang.
Di kabupaten ini berlokasi kampus Universitas Sriwijaya. Selain itu terdapat pula Pondok Pesantren Al Ittifaqiah yang didirikan pada tanggal 10 Juli 1967 serta Pondok Pesantren Raudhatul Ulum yang terletak di Desa Sakatiga serta Pondok Pesantren Nurul Islam (PPNI) yang berlokasi di Desa Seri Bandung, Kec. Tanjung Batu. Mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani.
Jumlah Penduduk 356,034 jiwa. Populasi penduduk di Kabupaten Ogan Ilir berasal dari Suku Ogan dengan 3 (tiga) sub-suku, yakni: Suku Pegagan Ulu, Suku Penesak dan Suku Pegagan Ilir. Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Ogan Komering Ilir dangan disetujuinya UUD No. 37 tahun 2003.

Keistimewaannya

  • Kampus UNSRI (Universitas Sriwijaya) berada dalam kawasan Kabupaten Ogan Ilir.
  • Sumber penghasil karet terbaik di Sumatera Selatan.
  • Wilayahnya berbatasan langsung dengan Kota Palembang.
  • Memiliki stasiun kereta api Indralaya. Stasiun kereta api ini dibuat untuk mahasiswa Universitas Sriwijaya dan masyarakat umum.
  • Masakan khas masyarakat Kabupaten Ogan Ilir adalah Pindang Meranjat dan Pindang Pegagan, berupa masakan yg berbahan utama ikan patin.
  • Kerajinan yang dimiliki, membuat alat-alat dapur mengunakan almunium yaitu di desa Tanjung batu, membuat songket di desa tanjung pinang dan kampung songket di desa muara peninbung, keranjinan hiasan alat pengantin, pembuatan rumah knock down di desa tanjung batu, kerajinan anyam tikar dari purun didesa tanjung atap Tanjung Atap.
  • Daerah penghasil gula terbesar di Sumater Selatan dengan adanya Perkebunan PTPN VII Cinta Manis di kecamatan Lubuk Keliat.
  • Penduduk Ogan Ilir di Kecamatan Muara Kuang, Tanjung Batu saat ini mengembangkan perkebunan kelapa sawit dan karet.
  • Adanya Kota Transmigrasi Terpadu di desa Rambutan Kecamatan Pemulutan yang mayoritas penduduknya berasal dari desa pacitan.

Batas Wilayah

Utara Kota Palembang
Selatan Kabupaten Ogan Komering Ilir
Barat Kabupaten Muara Enim
Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir

Objek Wisata

    Wisata

    Tempat Wisata di Ogan Ilir

     

    1. Wisata alam, meliputi :
    a. Wisata Perairan, antara lain:
    1. Wisata Perairan Sungai Ogan di Kota Tanjung Raja.
    2. Wisata Danau Lebong Karangan di Desa Sejaro Sakti, Kecamatan Indralaya.
    3. Wisata Pantai Jodoh di Kelurahan Tanjung Raja, Kecamatan Tanjung Raja.
    4. Wisata Pantai/Perairan Tanjung Laut di Desa Tanjung Laut, Kecamatan Tanjung Batu.
    5. Wisata Perairan Tanjung Putus di Kelurahan Indralaya Raya, Kecamatan Indralaya.
    6. Wisata Lebak Palas di Desa Tanabang, Kec. Muara Kuang.
    b. Agrowisata, antara lain:
    1. Wisata Perkebunan Tebu di Desa Ketiau Kecamatan Lubuk Keliat, di Kecamatan Tanjung Batu dan Indralaya.
    2. Wisata Perkebunan Kelapa Sawit PT Bumi Sawit Permai di Tanjung Miring Kecamatan Rambang Kuang.
    3. Wisata Perkebunan Karet PT Rusli Taher di Tanjung Raja, PT Bumi Rambang Kramajaya Kecamatan Rambang Kuang, dan PT Gembala Sriwijaya di Indralaya Utara.
    4. Agrowisata Agropolitan Agro Techno Park di Desa Bakung, Kecamatan Indralaya Utara.
    5. Wisata Kota Terpadu Mandiri di Sungai Rambutan dan Parit, Kecamatan Indralaya Utara.
     2. Wisata sejarah dan budaya, antara lain :
    a. Makam Pelaku Sejarah dan Legenda Rakyat, antara lain :
    Obyek Wisata Makam Raja Pertama Kerajaan Palembang Darussalam Sido Ing Rajek di Sakatiga Kec. Indralaya,   Makam Putri Pinang Masak di Desa Senuro Kecamatan Tanjung Batu,   Makam Samporayo (Parang Betuah) di Desa Tanjung Baru Kecamatan Indralaya Utara,   Makam USang Sungging di Desa Meranjat,   Makam Said Umar Bagindo Sari di Desa Tanjung Atap Kecamatan Tanjung Batu, Makam Usang Bujang di Desa Meranjat Kecamatan Indralaya Selatan,  Makam Usang Rimau di Desa Meranjat Kecamatan Indralaya Selatan,   Makam Usang Rantai di Desa Meranjat Kecamatan Indralaya Selatan, Makam Usang Meranjat di Desa Meranjat I Kecamatan Indralaya Selatan, Makam Usang Megat Sari di Desa Meranjat I Kecamatan Indralaya Selatan, Makam Puyang Ngawak Rd Ranom Wali 9 Rambang Senuling (Usang Muara Rambang terdapat kerah jinak) terletak di Desa Lubuk Keliat Kecamatan Lubuk Keliat, Makam Nyuak Junjungan Saiydina Angkasa di Desa Tangai Kecamatan Rambang Kuang, Makam Puyang Empat Putih Jage di Desa Lubuk Tunggal Kecamatan Rambang Kuang, Makam Pangeran Punto di Desa Pemulutan Kecamatan Pemulutan, Makam Lanang Kuaso di Desa Payaraman Kecamatan Payaraman, dan Obyek Wisata Makam Puyang Siyak Turbiyah Ali Melayang terletak di Kelurahan Muara Kuang Kecamatan Muara Kuang.
    b. Monumen Pahlawan, antara lain :
    Monumen Perjuangan Kemerdekaan Front Simpang Timbangan, di Kelurahan Timbangan, Kecamatan Indralaya Utara, Monumen Perjuangan Kemerdekaan Front Kamal di Desa Kamal, Kecamatan Indralaya, Monumen Perjuangan Kemerdekaan Front Parit, di Desa Parit, Kecamatan Indralaya Utara, dan Taman Makam Pahlawan di Kota Indralaya.
    3. Wisata Taman Rekreasi, antara lain :
    a. Taman Rekreasi Anak-anak Pulau Khihaji di Kelurahan Indralaya Mulya, Kecamatan Indralaya.
    b. Taman Rekreasi Kota Ruang Terbuka Hijau di Kota Indralaya.
    c. Taman Rekreasi Kampus Unsri Indralaya, Kecamatan Indralaya.
    4. Wisata pendidikan, antara lain :
    Kampus Universitas Sriwijaya Indralaya di Kel. Indralaya Indah, Kampus Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah di Kelurahan Indralaya Mulya, Kecamatan Indralaya, Kampus Wisata Rohani Kampus Pondok Pesantren Raudhatul Ulum di Desa Sakatiga, Kecamatan  Indralaya, Kampus Pondok Pesantren Nurul Islam di Desa Seribandung, Kecamatan  Tanjung Batu, Bangunan Rumah Bari di desa-desa Muara Penimbung, Talang Aur, sakatiga, Tanjung Sejaro, Kecamatan Indralaya, Bangunan Rumah ex Peninggalan Belanda di Kelurahan Tanjung Raja, Kecamatan Tanjung Raja, dan Bangunan Masjid-Masjid Tua di Indonesia : 1) Masjid Al-Falah di Kelurahan Tanjung Batu, dibangun pada tahun 1361 M Peninggalan Usang Sungging, dan 2) Masjid Al-Abror di Desa Kerinjing Kec Tanjung Raja dibangun pada tahun 1826 Masehi Peninggalan K.H. Dahlan.
    5.Wisata Sentra Industri Kerajinan, antara lain :
    Rumah Bongkar Pasang(Knockdown),  PandaiEmas dan Perak,  PandaiBesi,  PandaiAluminium,  IndustriPakaian Hias Penganten,  Tenun Songket, Kerajian Border/Sulaman,  Kerajian Kain Tajung Gebeng,  Anyaman Tikar Purun,  Anyaman Purun dan Bambu,  Kerajinan Eceng Gondok,  Kerajinan Kulit Batang Pisang,  Anyaman Rotan,  Industri Ikan Asin,  Industri Keramik,  Konveksi Pakaian,  Industri Kerupuk Kemplang,  Industri Makanan Dodol dan Kue Kering,  Industri Gula Aren,  Industri Kripik Nenas, Kripik Pisang,  Industri Meubeler,  Industri Batu Bata,  Industri Pembuatan Perahu, Speedboot,  Industri Pembuatan Kursi Bambu,  dan Industri Pengolahan Kopi, 

    Selain ODTW sebagaimana diatas, juga terdapat ODTW Daerah minat khusus yang meliputi :
    a. Wisata Alam; antara lain :
    Ex lapangan Terbang Jepangdi Desa Ketiau Kec. Lubuk Keliat, Wisata Panorama Sungai Ogan dengan anak-anak sungainya, Pemancingan Ikan di kawasan Irigasi Ogan Keramasan Kecamatan Pemulutan dan Indralaya.
    b. Wisata seni dan budaya, antara lain :
    Cerita Legenda Parang Betuah, Cerita Legenda Putri Pinang Masak, Drama Bangsawan Dul Muluk, Kesenian Gitar Tunggal Batang Hari Sembilan, Kesenian Terbangan Hadra, Kesenian Rebana dan Qasidah, Seni Pencak Silat dari seluruh kecamatan, Seni Tari Daerah dari seluruh kecamatan, dan Festival Ogan Ilir yang dilaksanakan setiap tahun.

    Keberadaan fasilitas penunjang kepariwisataan di Kabupaten Ogan Ilir belum cukup memadai terutama ketersediaan Hotel dan Penginapan lainnya.  Jumlah hotel yang ada baru mencapai 2 buah yaitu Hotel TRIFIKA yang memiliki 25 kamar dan 33 tempat tidur, dan Hotel INDRIYASARI yang memiliki 33 kamar dan 64 tempat tidur.  Sedangkan fasilitas asrama cukup banyak tersedia dalam Kota Indralaya terutama untuk mahasiswa Universitas Sriwijaya Indralaya, dan Perguruan Tinggi lain.  Asrama-asrama yang ada cukup mudah dicari dan tersebar dalam Kota Indralaya terutama di sekitar Kampus Universitas Sriwijaya Indralaya, Kampus Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya dan Kampus Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga yang menyediakan sarana Out Bound yang refresentatif. 
    Ketersediaan restoran dan rumah makan  yang cukup memadai seperti RM Pagi Sore, RM Buana Baru, RM OI Raya, RM Alam Selaya, RM Sri Melayu, RM Putih Salju, RM Bodronoyo, RM Selera 1 dan RM Selera 2, RM Meranjat, RM Sakatiga, RM Tuah Siang Malam, Agrowisata Bina Dharma yang memiliki tempat bermain Out Bound dan Rumah makan berwawasan alam yang mulai beroperasi pada Desember 2009 menambah sarana wisata Ogan Ilir, dan banyak lagi rumah makan yang menyediakan makanan khas lokal seperti Pindang Pegagan ikan gabus, ikan toman, ikan patin, ikan baung, goreng ikan seluang, serta masakan padang, masakan jawa, dan masakan sunda.

    * Bekas Lapangan Terbang Jepang
    Tempat Wisata di Ogan Ilir di Desa Ketiau, Kecamatan Lubuk Keliat, yang digunakan balatentara Jepang pada Perang Pasifik.
    * Danau Lebung Karangan
    Tempat Wisata di Ogan Ilir di Desa Sejaro Sakti, Kecamatan Indralaya, yang sampai akhir tahun lalu kabarnya dalam keadaan terbengkalai.
    * Danau Teluk Putih
    Tempat Wisata di Ogan Ilir di Desa Sakatiga, Kecamatan Indralaya, di dekat Pondok Pesantren Raudhatul Ulum.
    * Lebak Palas
    Tempat Wisata di Ogan Ilir yang lokasinya berada di Desa Tanabang, Kecamatan Muara Kuang
    * Makam Sido Ing Rajek
    Tempat Wisata di Ogan Ilir di Sakatiga, Kec. Indralaya, merupakan makam Raja Pertama Kerajaan Palembang Darussalam.
    * Pantai Jodoh
    Tempat Wisata di Ogan Ilir yang berada di Kelurahan Tanjung Raja, Kecamatan Tanjung Raja.
    * Pantai Tanjung Laut
    Tempat Wisata di Ogan Ilir yang lokasinya berada di Desa Tanjung Laut, Kecamatan Tanjung Batu.
    * Tanjung Putus
    Tempat Wisata di Ogan Ilir di Kelurahan Indralaya Raya, Kelurahan Indralaya, sering digunakan sebagai tempat rekreasi, mancing, mandi.


    Religi: Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga Pondok Pesantren Al Iltifaqiah indralaya

    Transportasi

    • Angdes (Angkutan Desa)
    • Bentor (Becak Motor)
    •  Bus 

    Referensi

    1. ^ "Perpres No. 10 Tahun 2013". 4 Februari 2013. Diakses pada 15 Februari 2013.

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar